Branding telah ada sejak 350 A.D dan berasal dari kata "Brandr", yang berarti "membakar" dalam bahasa Norse Kuno. Pada tahun 1500-an, itu berarti tanda bahwa peternak membakar ternak untuk menandakan kepemilikan — pendahulu dari logo modern.
Namun branding saat ini jauh lebih dari sekadar tampilan atau logo. Itu datang untuk menandakan reaksi "firasat" emosional yang dapat diperoleh perusahaan dari pelanggannya.
Merek Anda adalah serangkaian persepsi yang dimiliki orang tentang perusahaan Anda. Tetapi branding adalah serangkaian tindakan yang Anda ambil untuk mengolah merek itu.
Dengan kata lain, merek Anda adalah kata benda, tetapi branding adalah kata kerja. Saat Anda mendesain logo, itu branding. Saat Anda mengembangkan suara merek Anda, itu adalah branding. Saat Anda berkumpul dengan tim pemasaran untuk melakukan brainstorming kampanye iklan, itu branding.
Setiap tindakan yang Anda lakukan untuk membentuk merek Anda, singkatnya, branding.
Branding adalah Nama, Istilah, Tanda, Simbol, atau Rancangan atau Kombinasi yang dimaksudkan untuk mengidentiikasi barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk " Membedakan " dari barang atau jasa pesaing.
Branding merupakan proses komunikasi dari sebuah brand yang sangat penting bagi usaha Anda. membangun branding tidaklah mudah butuh waktu yang lama dan proses yang panjang supaya bertahan dan dikenal oleh banyak orang.
Branding itu Penting karena :
- Membantu Anda menonjol dari kompetisi. Tidak masalah perusahaan seperti apa yang Anda miliki, industri apa yang Anda ikuti, atau jenis pelanggan apa yang Anda cari — jika Anda berbisnis, Anda menghadapi persaingan yang serius. Branding membantu Anda menemukan cara di mana Anda berbeda, istimewa, dan unik. Dan itu menunjukkan kepada pelanggan Anda mengapa mereka harus bekerja dengan Anda.
- Membangun pengakuan merek. Jika Anda ingin membangun merek yang sukses, Anda harus dapat dikenali. Branding yang tepat (termasuk merancang logo, situs web, dan aset merek lain yang berdampak) membantu Anda mengukir gaya yang berbeda, dan itu meningkatkan pengakuan merek Anda di pasar.
- Menciptakan pengalaman merek yang konsisten untuk pelanggan Anda. Agar bisnis Anda berhasil, Anda perlu memberikan pengalaman yang konsisten bagi pelanggan Anda namun mereka berinteraksi dengan merek Anda — baik itu melalui situs web Anda, di acara langsung, atau dengan mengikuti akun media sosial Anda. Branding memungkinkan Anda mengontrol bagaimana orang memandang dan mengalami merek Anda — dan Anda dapat memastikan bahwa persepsi dan pengalaman tetap konsisten di semua sentuhan merek Anda.
- Memicu koneksi dengan audiens Anda dan mengubah audiens tersebut menjadi pelanggan setia. Bisnis yang paling sukses adalah bisnis yang membina hubungan emosional dengan audiens mereka. Koneksi emosional itulah yang mengubah prospek menjadi pelanggan dan pelanggan menjadi penggila merek. Dan bagaimana Anda membuat dan membangun koneksi itu? Branding Strategi yang berbeda (seperti mengemas pukulan emosional dengan suara merek Anda atau meningkatkan psikologi warna saat mendesain logo Anda) dapat membantu Anda terhubung dengan audiens Anda pada tingkat yang lebih dalam dan menciptakan rasa loyalitas terhadap merek Anda.
Tujuannya adalah untuk menarik dan mempertahankan pelanggan setia dan pemangku kepentingan lainnya dengan memberikan produk yang selalu selaras dengan apa yang dijanjikan merek.
“Branding memberikan produk dan layanan dengan kekuatan merek” (Kotler & Keller, 2015)
Siapa yang terpengaruh atas Branding ?
- Konsumen: Sebagaimana dibahas di atas, sebuah merek menyediakan jalan pintas pengambilan keputusan kepada konsumen ketika merasa ragu-ragu tentang produk yang sama dari perusahaan yang berbeda.
- Karyawan / pemegang saham / pihak ketiga: Selain membantu konsumen membedakan produk serupa, strategi branding yang sukses juga menambah reputasi perusahaan. Aset ini dapat memengaruhi sejumlah orang, mulai dari konsumen hingga karyawan, investor, pemegang saham, penyedia, dan distributor. Sebagai contoh, jika Anda tidak suka atau tidak merasa terhubung dengan suatu merek, Anda mungkin tidak ingin bekerja untuk itu. Namun, jika Anda merasa merek tersebut memahami Anda dan menawarkan produk yang menginspirasi Anda, Anda mungkin ingin bekerja untuknya dan menjadi bagian dari dunianya.
Setiap orang yang melakukan Branding cenderung menggunakan alat yang berbeda untuk membuat dan membentuk merek. Misalnya, branding dapat dicapai melalui:
- Definisi merek: tujuan, nilai, janji
- Pernyataan positioning merek
- Identitas merek: nama, nada suara, desain identitas visual (yang mencakup desain logo, palet warna, tipografi, etc)
- Iklan dan komunikasi: TV, radio, majalah, iklan luar ruang, situs web, aplikasi seluler, etc
- Sponsoring dan kemitraan
- Desain produk dan pengemasan
- Pengalaman di dalam toko
- Pengalaman ruang kerja dan gaya manajemen
- Pelayanan pelanggan
- Strategi penetapan harga
Branding sangat penting untuk bisnis karena keseluruhan dampaknya terhadap merek Anda. Branding dapat mengubah cara orang memandang merek Anda, itu dapat mendorong bisnis baru dan meningkatkan kesadaran merek.
Sources: Kotler & Keller: Marketing Management (2015), American Marketing Association (AMA)
No comments:
Post a Comment