Marketing Komunikasi secara tradisional di kenal sebagai elemen promosi dari 4P's ( Produk, Tempat, Harga, dan Promosi ), Tujuan utama dari komunikasi pemasaran adalah untuk manjangkau audiens yang ditentukan dengan mempengaruhi perilakunya dengan memberi tahu, membujuk, dan mengingatkan.
Komunikasi pemasaran mangakuisisi pelanggan baru dengan membangun kesadaran ( awareness ) dan mendorong untuk mencoba ( encouraging trial ) Merk yang diperkenalkan.
Komunikasi pemasaran juga mempertahankan Merk dengan memperkuat perilaku pembelian dengan memberikan informasi tambahan tentang manfaat Merk.
sedangkan tujuan sekunder dari komunikasi pemasaran adalah membangun dan memperkuat hubungan pelanggan, prosprek, pengecer, dan pemangku kepentingan penting lainnya.
Komunikasi pemasaran yang berhasil bergantung pada kombinasi pilihan dari Bauran Promosi ( Promotional mix ). Pilihan ini termasuk iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, pemasaran online, dan penjualan pribadi, etc
Bauran promosi juga disesuaikan dengan strategi perusahaan apakah menggunakan Strategi menekankan ( Push ) atau Strategi menarik ( Pull ). Strategi penarikan lebih mengandalkan permintaan konsumen yang dihasilkan oleh iklan, hubungan masyarakat, dan promosi penjualan. sedangkan Strategi penekanan lebih mendorong produk / jasa melalui penjualan pribadi dan melalui saluran distribusi.
Biasanya, istilah ‘tarik’ memotivasi pelanggan untuk secara aktif mencari merek, misal proses tersebut menggabungkan berbagai cara berbeda untuk membuat pelanggan datang ke produk Anda.
Istilah ‘dorongan’ berasal dari gagasan bahwa pemasar mencoba mendorong produk mereka di prospek ketika mereka siap membeli; biasanya mereka sudah tahu tentang produk tertentu pada titik ini.
Konten yang didorong oleh kinerja, seperti diuraikan di atas, memang membutuhkan komitmen yang signifikan untuk mencapai sasaran Marketing Komunikasi Anda. Strategi dari elemen ‘push’ dan ‘pull’ dibutuhkan untuk memaksimalkan efektivitas konten dan akhirnya mencapai atau bahkan melampaui tujuan bisnis Anda.
Proses Marketing Komunikasi, jika dilakukan dengan baik, mengarah pada peningkatan kesadaran merek, pengalaman pengguna yang lebih baik, peningkatan keterlibatan pelanggan, dan pada akhirnya, prospek berkualitas baik.
Reference :
referenceforbusiness.com
pauleycreative.co.uk
No comments:
Post a Comment