Sebagai perusahaan “senior” tidak mudah bagi Microsoft untuk  beradaptasi di era New Wave Marketing (NWN). Lihat saja iklan tentang   PC vs  Mac yang secara tidak  langsung ingin membuat Microsoft tidak   relevan lagi di era NWM. Dan itu ditambah dengan  kondisi bahwa  Microsoft tidak  punya produk kuat social media yang dibikin sendiri  ataupun gadget.
Sadar bahwa dirinyalah yang  mesti menentukan sendiri nasibnya atau  akan perubahan jaman, Microsoft mengembangkan strategi yang akan  membantunya punya relevanasi yang tinggi di era NWM. Apa saja? Integrasi  dan aggregasi social media, collaborative marketing dan continuous  listening ke customers.
Integrasi dan aggregasi adalah  upaya melakukan marketing melalui  social media dan kemudian melakukan agregasi dari hasil-hasil marketing  activity supaya amplifikasinya bagus. Ini tidak  mudah karena trend baru  dalam  NWM yg so,lo,month (social, local and mobile). Tapi kalo bisa  dilakukan, akan bisa mendorong partisipasi dari consumer ke tingkat yang  tidak  terbayangkan sebelumnya.
Itulah yang  kata Andrew Pickup terjadi dengan marketing uuntuk   Windows 7. Jumlah tester untuk produknya miliaran, di mana banyak di  antara mereka  Generasi Y dan yang telah  mengunduh beta version-nya  berasal dari 130 negara. Dan angka-angka fantastis juga ada untuk jumlah  likes, review atau ratings.
Berbekal dari hasil-hasil tersebut, Microsoft membuat iklan baru  dengan tema “it was my idea” yang diambil dari hasil seleksi jutaan  review, comment atau ratings yang bagus dari Gen Y!   Jelas ini sebuah  modal yang hebat bukan. Dan kata Andrew lagi, inilah yang kemudian  dipakai oleh Microsoft untuk menjawab iklan PC vs Mac dan disebarkan  melalui social media.
Collaborative marketing tidak  sekadar eksplorasi dari pepatah kuno  Arab, musuh dari musuhku adalah  kawanku seperti  kerjasama Bing dan  Facebook, tapi karena tidak ada lagi satu pemain yang begitu dominan di  mana-mana. Apalagi kalau  mau menjangkau customers yang banyak. Dan  dalam soal collaborative marketing ini kata Andrew Pickup, inspirasi  Microsoft adlh Mohan Sahwney, penulis 7 Steps to Nirvana yang tahun  depan akan dibawa MarkPlus keliling Asia Tenggara.
Continuous listening adalah strategi yang dilakukan Microsoft untuk   bisa membuat dirinya relevan dengan  terus memonitor dan mengikuti suara  dan aktivitas customers-nya.
 
No comments:
Post a Comment